Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian

Kemarin Laptop teman saya mengalami masalah pada layar monitor. Masalah ini cukup aneh karena layar monitor laptop seperti terbelah menjadi 3 bagian. Sayapun merasa bingung bagaimana cara mengatasinya, saya browsing diinternet dan langsung saya coba praktikan.

Masing-masing bagian pada layar laptop dipisahkan oleh garis-garis lurus secara vertikal, dimana ada beberapa garis yang bergelombang. Namun pada akhirnya saya masih bisa mengakalinya dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian
Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian
Jika Anda mengalami hal yang serupa, Maka anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Catatan: Laptop yang saya gunakan yaitu Lenovo Ideapad G470. Hal serupa mungkin bisa dialami pada laptop Toshiba Satelite C600, C640 atau laptop merek/tipe lain.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian yang bisa anda coba:

1. Restart Laptop
Untuk cara pertama, cobalah restart laptop Anda. Kalau memang tidak terlalu parah, setelah laptop di restart biasanya dapat normal kembali. Jika seandainya masih belum bisa, maka lanjut ke poin berikutnya.

2. Atur Resolusi Layar
Mengatur resolusi layar laptop dari ukuran biasanya mungkin dapat mengatasi permasalahan Anda. Entah kenapa, mengatur resolusi layar kerap kali berpengaruh dan berhasil. Mungkin saja hal ini ada hubungannya dengan permasalahan pada VGA.

3. Coba Pindah ke Mode Proyektor
Coba masuk ke fungsi mode proyektor. Setelah itu, Anda pilih mode duplicate, extend, atau second screen only.
Jika mode duplicate tidak berhasil, coba pilih mode extend. Jika tidak berhasil juga, coba pasangkan monitor external pada laptop sehingga Anda bisa menggunakan mode second screen only. Bila Anda tidak menggunakan monitor external, layar laptop biasanya akan blank/mati setelah memilih second screen only.

4. Lakukan Sleep atau Hibernate
Coba lakukan sleep atau hibernate. Tunggu hingga beberapa jam. Setelah itu, coba nyalakan kembali laptop Anda.

5. Tutup Layar Ketika Menyala
Cara ini mungkin kurang efektif, namun patut Anda coba. Terkadang ada laptop yang merespon kondisi layar ketika langsung ditutup. Sewaktu dibuka, layar kembali normal.

6. Lepas Baterai Ketika Laptop Menyala
Cara ini sebenarnya kurang saya rekomendasikan karena cukup beresiko. Selain menentang kaidah merawat laptop yang baik, cara ini terkesan ekstrim. Akan tetapi, layar laptop kemungkinan bisa normal kembali, meskipun hanya bersifat sementara.

Yang perlu Anda lakukan hanya melepas baterai saat laptop menyala. Setelah itu pasang kembali atau diamkan selama 1-2 jam terlebih dahulu.

Ingat! Cara ini kurang disarankan. Anda hanya boleh mencobanya beberapa kali saja, karena jika terus-terusan mungkin bisa memengaruhi komponen laptop yang lain. Terutama RAM, motherboard dan processor.

7. Lepas Baterai Sebelum Tidur
Biasanya pelepasan baterai dilakukan menjelang tidur dan dipasang kembali setelah pagi harinya. Hal ini dilakukan karena pada rentang waktu tersebut, kita jarang menggunakan laptop.

Anda juga bisa melakukan hal serupa di pagi hari, namun sebaiknya Anda perlu menunggunya hingga sekitar 8 jam.

Setelah rentang waktu tersebut, Anda bisa memasangkan baterai pada laptop.

8. Periksa Kabel Monitor dan VGA
Jika Anda lebih memilih untuk mengatasinya sendiri, pastikan sudah memiliki ilmu dan keyakinan yang matang. Dengan begitu, Anda sudah bisa meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Seandainya cara sebelumnya belum berhasil juga, saatnya Anda membongkar laptop. Cobalah periksa kabel monitor dan VGA, pastikan tidak bermasalah. Lepas, benarkan, dan pasang kembali.

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian
Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian
9. Bawa ke Service Center Terdekat
Cara-cara sebelumnya mungkin efeknya belum terlalu maksimal. Untuk itu, Anda sebaiknya konsultasi dengan teknisi komputer atau laptop yang sudah berkompeten. Anda bisa tanya secara langsung atau melalui grup teknisi di facebook. Kalau tidak, bawa saja laptop Anda ke Service Center terdekat.
Langkah ini adalah yang paling tepat mengingat Anda tidak perlu pusing mengatasi hal ini. Coba tanyakan dengan baik, kira-kira apa permasalahannya.

10. Ganti LCD
Anda perlu mengganti LCD jika memang ternyata letak permasalahan ada di situ. Jika Anda membongkar laptop sendiri, perlu unsur kehati-hatian. Jangan asal bongkar dan pasang agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Mengganti LCD mungkin menjadi solusi terakhir untuk Anda. Meskipun harus keluar biaya, cara ini mungkin lebih berpeluang berhasil.

Jika layar laptop Anda tak kunjung berhasil, mungkin ada permasalahan lain yang lebih serius. Anda juga perlu mempelajari cara mengatasi layar laptop bergaris untuk menambah wawasan Anda. Tentunya agar Anda dapat berpikir dan bertindak lebih maksimal dalam mengatasi permasalahan ini.
Selamat praktik. Semoga berhasil.

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel