Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan

Postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan. AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan

Besar kecilnya pendapatan iklan adsense yang akan kita peroleh tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, sedangkan besar kecilnya jumlah klik sangat dipengaruhi oleh posisi iklan adsense yang kita letakan didalam halaman blog kita.

Oleh karena itu kita disarankan menempatkan iklan adsense pada lokasi-lokasi strategis di area halaman blog yang kita miliki, banyak titik-titik tertentu yang bisa kita pilih untuk meletakan iklan adsense yang kita miliki, namun lokasi terbaik yang dianggap strategis tentu saja lokasi yang memungkinkan banyak mendapat perhatian pengunjung blog.

Beberapa lokasi yang bisa kita pilih untuk meletakan iklan google adsense yang dianggap mendapatkan banyak perhatian pengunjung adalah sebagai berikut:
a. di bagian atas tepat di samping kiri artikel setelah judul
b. di bawah setelah artikel berakhir
c. di sidebar baik sisi kiri maupun kanan,

Lokasi tersebut adalah beberapa lokasi strategis yang dianggap memiliki potensi jumlah klik tinggi, selain lokasi diatas ternyata ada satu lagi lokasi yang juga dianggap cukup strategis, yaitu meletakan iklan adsense di tengah artikel postingan, sehingga iklan adsense akan mudah terlihat ketika para pengunjung blog membaca artikel yang dipasangi iklan adsense tersebut.

Untuk meletakan iklan adsense di manapun sebenarnya bukan perkara yang sulit, yang penting anda tau caranya, ada dua cara yang bisa kita pilih ketika kita memutuskan untuk meletakan kode unit iklan adsense pada blog yang kita miliki, cara pertama bisa melalui widget, dan cara kedua bisa kita langsung tempel pada template blog.

Untuk cara pertama sepertinya kita hanya bisa meletakan iklan adsense pada lokasi-lokasi tertentu saja, tergantung dari tata letak template blog yang kita gunakan, dan juga tergantung di lokasi mana widget bisa kita tambahkan, sedangkan untuk cara kedua yaitu dengan cara meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog, tapi jika memilih cara ini kode unit iklan adsense harus diparse terlebih dahulu, karena jika tidak kode unit iklan adsense akan ditolak oleh kode template blog karena mengandung kode-kode yang tidak diizinkan oleh template blog.

Untuk menggunakan cara kedua ini setidaknya kita harus faham mengenai struktur template blog dan juga setidaknya faham mengenai perintah-perintah blog.

Berikut Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan
Caranya kita harus meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog yang kita miliki, tentu saja kode unit iklan adsense tersebut bisa diterima oleh kode template, kode tersebut harus kita parse terlebih dahulu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan masuk ke akun google adsense anda, kemudian pilih kode unit iklan adsense yang ingin anda gunakan.
  2. Masuk ke situs HTML Escape, silahkan letakan kode unit iklan google adsense anda disana kemudian parse, untuk sementara biarkan kode unit iklan adsense hasil parse terparkir disana.
  3. Sekarang, silahkan anda masuk ke akun blogspot anda, dan pilih blog anda.
  4. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih menu template kemudian tekan tombol Edit HTML untuk menampilkan kode editor template blog anda.
  5. Pada tampilan editor template, silahkan gunakan Ctrl + F, kemudian cari kode <data:post.body/> anda akan menemukan lebih dari satu kode diatas, silahkan pilih salah satu yang benar-benar menampilkan postingan artikel anda,
  6. Ganti kode <data:post.body/> tersebut dengan kode dibawah ini: 
  7. <div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
    <div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
    <center>
    --Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
    </center>
    </div>
    <div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
    <script type='text/javascript'>
    var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
    var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
    var s=obj1.innerHTML;
    var t=s.substr(0,s.length/2);
    var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
    if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
    </script>
  8. Kembali ke situs blogcrowds, copy kode adsense hasil parse dari sana, kemudian silahkan ganti kode diatas pada tulisan "--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--" dengan kode unit iklan adsense hasil parse dari blogcrowds.
  9. Jika sudah selesai, jangan lupa simpan template anda.
Sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil meletakan kode unit iklan adsense anda ditengah-tengah artikel postingan blog yang anda buat.

Cara mengatur letak posisi iklan
Kode di atas akan membuat iklan adsense anda muncul tepat ditengah-tengah artikel postingan blog anda, iklan akan diletakan secara otomatis dengan rapi dan teratur setelah kode HTML <br/> yang menyusun artikel anda, dan tentu saja tidak akan bertubrukan satu sama lain yang membuat artikel anda jadi acak-acakan.

Untuk merubah posisi iklan anda bisa memodifikasi angka yang saya tandai dengan warna biru, berikut beberapa modifikasi yang bisa anda buat:
a. Untuk meletakan Iklan di tengah-tengah di sepertiga postingan blog, silahkan anda ganti angka 2 yang berwarna biru di atas dengan angka 3.
b. Untuk Meletakan iklan adsense di seperempat postingan, silahkan anda ganti angka 2 diatas yang berwarna biru dengan angka 4.

Semakin besar angka yang anda masukan maka posisi iklan adsense akan semakin ke atas.
Baca juga : Cara Memasang Dua Iklan Adsense di Tengah Postingan
Demikian Pengalaman saya Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel